Senam Hamil Yuk Deh Mareee

Kelas Senam Hamil RS Brawijaya

 

Yo mamas, mau sharing sedikit aja tentang senam hamil nih. Rencana Mama Berry mau melahirkan normal (doain ya!), jadi sejak 35w udah rajin ikut kelas senam hamil. Setelah baca-baca sharing dari teman-teman TUM disini, Mama Berry langsung meluncur deh ke lokasi.

RS Medistra #35weekspregnancy

Sesi 1: Sabtu 9-10 pagi
Sesi 2: Sabtu 10.30-11.30 pagi

Kelas senam hamil pertama yang Mama Berry ikutin di RS Medistra, disini bayar Rp 75rb di kasir lantai 1 dan jangan lupa daftar dulu sebelumnya karena kapasitanya hanya 8 mama per sesi. TKPnya sendiri di Gedung A lantai 5. Pertama ikut kok lumayan ya.. lumayan berat haha! Mama Berry cukup rajin jalan sih, tiap hari pasti ada jalan apalagi pas weekend. Sebelum hamil juga rajin lari & yoga, tapiiii… ternyata kelas senam hamil berat juga bow!

Di Medistra sih oke kelas senam hamilnya, selain diajarin gerakan-gerakan yang nanti bisa dilatih dirumah juga, diajarin teknik pernapasan biar (mudah2an) pada saat waktunya tiba kita udah kebiasa. Selain itu, ada edukasi juga dengan materi seputar kehamilan. Buat yang diantar #SuamiSiaga atau #KeluargaSiaga lainnya, boleh ikutan pas sesi penyuluhan tapi waktu kelas senam sih pengantar disuruh nunggu di luar.

Ternyata senam hamil membantu banget, punggung yang biasanya sakit jadi lumayan enak dan tidur juga lebih nyenyak (dikit).

RS Brawijaya #36-37weekspregnant

Sesi 1: Sabtu 9-10 pagi
Sesi 2: Sabtu 10-11 pagi

Mama Berry udah 2 kali ikut senam hamil di RS Brawijaya, yang pertama sih ambil kelas free dari Brawijaya Mom’s Club, setelah itu ikut lagi untuk minggu berikutnya. Disini bayar Rp150 rb per sesi, tapi kapasitasnya hanya 4 orang per sesi, udah gitu dapet snack juga abis kelas. Biasanya kelasnya di lantai 2, tapi lately dipindah ke lantai 4. Ruangannya juga jauh lebih nyaman daripada yang di Medistra sihh.. Owia, sesi pertama biasanya selesainya sekitar 10.30an sih, apalagi kalau mulainya udah telad. Namanya juga mama2 preggo, jalan aja dah susah kali ya boro2 tepat waktu xD

Nah, disini ternyata lebih hardcore senamnya (apa karena udah 37w ya?), ada plank, push-ups, yoga juga. Menu senamnya sendiri disusun sama dr. Amendi Nasution, SpKFR (K) yang ahli di bidangnya. Intinya untuk melatih otot2 yang akan membantu proses kelahiran dan menguatkan pernapasan. Buat Mama Berry rasanya lebih afdol sih disini, lagian emang rencana melahirkan di Brawijaya, jadi sekalian aja, kalo tau2 si Berry minta check-out udah dilokasinya. Hehe

Banyak yang bilang senam hamil cukup 1-2 kali, nanti tinggal dilatih dirumah. Ya kapan-kapan deh latian dirumah palingan juga sekedarnya aja. Jadi kalo Mama Berry prefer ikut kelas juga biar ada temannya jadi lebih semangat (selain di niatin latihan dirumah, tentunya). Pas senam yang ke 3 (37w), busyet deh bodi udah berat benerrr.. beda banget sama minggu sebelomnya, ini rasanya ngangkat badan uda beraattt bangeeettt..

Btw. Disini juga sama, untuk senam hamilnya sang #SuamiSiaga gak boleh ikut, tapi pas sesi penyuluhan dan latian pernapasan doi disuruh masuk biar bisa bantu ingetin mamanya kalo lupa/panik waktu melahirkan beneran.

Mama Berry sih niatin banget setiap malem latian pernapasannya, biar sambil merem juga inget. Mudah2an pas waktunya ngga panik deeeh.. Anyway, ikut kelas senam hamil oke banget sih, jadi kita lebih persiapan dan lebih rileks juga. Ayo semangat, mama2!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s