Soy Milk to the rescue

Processed with VSCO with c1 preset

MamaBerry sendiri sebenernya not a fan of soy milk, selama ini hanya sekali-sekali aja minum yang namanya susu kedelai. Masalahnya si Berry super gassy sampai dia keliatan gelisah banget nangis-nangis gak bisa ditenangin, kayak orang mau fart tapi ketahan gitu. Dokter bilang normal kalau anak dibawah 3 bulan setiap pagi kembung, tapi kalau memang gelisah banget ada kemungkinan dia gak tahan sama laktosa susu sapi. ASI sendiri kandungan laktosanya tinggi, jadi ditambah sama susu sapi makin tinggi kandungan laktosanya. Ini yang bikin dia makin kembung. DSAnya suruh MamaBerry diet susu sapi dan produk dairy dulu sementara.

Memang sih.. MamaBerry lebay, sehari bisa habis 1-1.5 liter susu sapi (learn from my mistake ya), jadinya laktosanya ketinggian mungkin ya. Soalnya, susu kan paling gampang buat snack kalau kelaperan. Si Berry awal-awal bisa nyusu lebih dari 12x sehari, setiap habis nyusu, MamaBerry juga minum 1-2 gelas susu sapi. Yaaa.. gitu deeeehhh..

Awal-awal bener-bener pantang produk sapi, terus si Berry kembungnya agak baikan. Nah, setelah itu mulai cobain produk dairy, terus minum susu sapi 1-2 gelas aja sehari. So far, si Berry kembungnya masih normal, gak seperti waktu itu yang sampai nangis-nangis terus.

Jadi si Berry setiap subuh, sekitar jam 3-4 pagi pasti gelisah gara-gara mau buang gas tapi gak bisa, jadi harus di gendong, pijit perutnya atau di tengkurepin, buat bantu dia keluarin gas. Kalo kata orang jaman dulu, sampai 40 hari bayi pasti bangun kalau subuh. Akhirnya jadi deh tuh morning fart ritual, sekitar jam segitu harus di gendong atau tengkurepin di kasur sebelah MamaBerry. Baru deh anaknya anteng.

Susu kedelai katanya tinggi protein, vitamin A, vitamin D, vitamin B12 dan potasium. Selain itu, gak bikin kolesterol dan kandungan lemaknya lebih rendah daripada susu sapi. Tapi, kalau kebanyakan gak bagus, bisa menyebabkan masalah dengan hormon dan fertilitas terutama ke laki-laki. Konon katanya susu kedelai juga booster asi yang bagus, yang lagi kondang tuh si Mama Soya. MamaBerry baru mau cobain sih, abisan ngga suka rasa susu kedelai, kalau minum lebih suka yang ada flavor.

Processed with VSCO with f2 preset

MamaBerry sih bosenan dan kepo (kayaknya si Berry juga deh), jadinya pengen cobain semua rasa dan merek soy milk di pasaran. Berhubung belum bisa wira wiri ke supermarket, kita order aja deh si abang Happy Fresh andalan untuk jemput susu kedelai buat Berry. Ini line up soy milk yang udah MamaBerry cobain:

  1. SoyFresh Chocolate +
  2. SoyFresh Strawberry
  3. SoyFresh Malt +
  4. SoyFresh Cappuccino
  5. SoyFresh Hershey’s Mocha (ini lebih mahal dari yang lain, sekitar Rp34rb, tapi okelah buat nyobain) +
  6. SoyFresh Gula something, kayaknya gula merah deh
  7. Lactasoy SoyMilk with Black Sesame +
  8. V-Soy Multi-Grain
  9. BrookFarm Soy Milk

Favorit MamaBerry itu si SoyFresh Chocolate, SoyFresh Hershey’s Mocha dan Lactasoy SoyMilk with Black Sesame. Si SoyFresh Malt surprisingly juga enak. Kalau yang soy milk original, nyerah deh gak tahan baunya itu. Owia, ternyata waktu lagi Google, ada loh SoyFresh Hershey’s yang versi Cookies and Cream. MamaBerry pengen cobain kalau bisa nemu rasa-rasa lainnya.

 

Mama milestone: Berry udah bisa angkat kepala beberapa detik!

LilBerry: 6-weeks old

#MaternityLeaveDay47 #CutiHamilHari47

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s