LilBerry Lulus S1 Sarjana ASIX

 

Hi Buibu,

Akhirnya baru sempet posting lagi, soalnya super sibuk alesan dasar pemalas aja. Sekalian review New Year’s resolution yang cuma dua (harusnya simple ya) “enjoy the moment” dan “sharing is caring”, ternyata yang ke-2 gatot nih. Okelah, untuk kedepannya harus lebih rajin sharing nih.

Udah banyak banget temen yang lagi/persiapan hamil nanyain tentang ASI dan menyusui. Gak sedikit yang berenti ditengah jalan (sayangnya) karena kurang info dan langsung dikasi sufor deh. Jadi MamaBerry sharing sedikit ajah berdasarkan pengalaman ya.

Gak terasa tau2 udah 6 bulan berlalu dan LilBerry lulus jadi Sarjana S1 ASIX. MamaBerry bangga banget deh! Apalagi mengingat si Berry waktu pulang dari rumah sakit petite, cuma 2.5kg. Sekarang 6 bulan berlalu udah 7.7kg, MamaBerry senang.

Always Bring Your Nursing Cover

It’s a must. Bawa deh kemana aja, jadi simple mau menyusui/pumping pas gak ada ruangan yang memadai. Gak rempong kok, nursing cover banyak banget jenisnya ada yang bisa dilipet kecil banget jadi gak bulky di tas. MamaBerry sendiri punya 2 sih, untuk di kantor dan di jalan. MamaBerry suka banget sama nursing cover bikinan @CloudyMoony, cakep, personalized and gak pasaran.

Mental Baja dan Muka Tembok

Pertama banget harus inget, apa alesan semua pengorbanan ini (yaoloh, yaiyalah pengorbanan. Apa kabar Indomie & Moscato..) demi anak biar sehat dan kuat dong ah. Terus harus punya mental baja dan muka tembok buat bisa menyusui/pumping pada waktunya. Awal-awal MamaBerry masih malu2 untuk ijin pumping di kantor (makasih ya bos) atau menyusui di tempat umum. Balik lagi, ini demi kebaikan si Berry.

Harus tebel muka (banget) buat bisa pumping dimana aja, termasuk selagi meeting, di mobil/Uber/Grab/taxi, di cafe, di pojokan ruangan, bahkan kalo nasib lagi mengenaskan termasuk di toilet. Yups, itu semua yang disebutin been there, done that *proud mama*

Harus tebel muka buat nanyain “ada ruang pumping/menyusui gak ya?” dan seringnya mendapat tatapan aneh dari yang ditanya atau ternyata memang ngga ada. Next, kudu nanya lagi “ada ruangan yang bisa dipinjem buat pumping/menyusui?” Buntutnya, biasanya sambil bingung2 dipinjemin ruangan atau disuruh di toilet. MamaBerry harus sabar biar gak emosi disuruh pumping di toilet. Jujur, udah beberapa reception yang MamaBerry semprot gara2 nyuruh pumping di toilet (maapin deh, namanya juga emak2). Kalau ke mall, selalu cek ruang menyusuinya ada dimana. Ada beberapa mall yang busui friendly banget, semacem Lotte Shopping Avenue dan Kota Kasablanka.

Dukungan Orang Sekitar

Penting banget deh ini! MamaBerry sih beruntung banget orang disekitar (mostly) sangat mendukung. Bisa lulus S1 ASIX bukan hal yang mudah ya, perlu BANGET dukungan orang sekitar dan tekat sekuat baja. Sebenernya yang lulus S1 bukan cuma LilBerry, tapi MamaBerry juga, DaddyBerry, Oma, Opa, Encus, onty2, uncle2 dan semua yang ikut mendukung proses keberhasilan S1 si Berry.

Get the Right Gears

Buibu harus punya ‘senjata’ yang lengkap deh buat maju ke medan perang ini. Harus siap dengan breastpump, botol2, tas pumping, es, dll. Kalau MamaBerry punya Medela Swing Maxi yang double pump elektrik (12v bow) dan Medela Harmony manual untuk di kantor dan di jalan. Enaknya yang elektrik bisa untuk dirumah sambil ngantuk2, jadi bisa sambil ngerjain hal lain, contohnya ngetik blog ini. Kalau untuk di jalan, MamaBerry lebih suka yang manual, soalnya lebih ringkes & stealth jadi abang Uber/Grab/taxi gak kepo nengok2 gara2 bunyi2an aneh.

Banyak baca, banyak nanya Buibu lain untuk menemukan your perfect match breastpump ya. Macem cari jodoh soalnya, cocok2an. Kalau masih ragu bisa pinjem atau sewa loh.

_MG_8903

Si Mood Jelek

Paling berat ini urusan mood, soalnya namanya Buibu kan suka baperan ya apa2 dibawa ke ati. Penting banget buat bisa berusaha zen di saat lagi stress atau baperan. Inget, kalo mood jelek hasil pumping juga jelek. Inhale, exhale. MamaBerry juga masih susah urusan mood, sering banget kalo lagi stres dapetnya cuma 20ml. Yaoloh sedihnya bikin makin baper. Do what makes you happy.

Si Malas, Si Bosan dan Si Sibuk

Si Bosan dan Si Males suka tiba2 dateng gak diundang. Apalagi kalo kulkas udah penuh, suka males bawaannya pengen cuti aja pumping. Eh, baek2.. namanya menyusui itu supply and demand, macem hukum ekonomi, kalo gak produksi lama2 bisa kering kerontang pabriknya. Usir jauh2 deh itu Si Bosan dan Si Males.

Si Sibuk ini juga biang kerok banget deh, kalo lagi dateng bisa 5-6 jam gak pumping. Udahannya ya kayak batu & langsung #SenggolBacokModeON. Mana jadinya kayak jalanan macet deadlock, susah dilancarin, kan butuh waktu. Jangan kalah deh sama kesibukan (ngomong sama dirt sendiri haha).

Boster ASI

Kadang booster ASI ini nggak jelas sih seberapa efektifnya, soalnya tiap orang bisa beda2 kesuksesannya. MamaBerry sendiri selama 3 bulan cuti SETIAP hari makan sayur bening daun katuk dan jagung (setengah dipaksa sama OmaBerry sih..). Kalau booster yang lain udah banyak coba juga sih, Fenugreek, booster ASI cookies, oat, jus bangun2, kacang ijo, kacang2an, teh ASI, Yogi Tea, Earth Mama Angel Baby Tea, Blackmores, Blessed Thistle, Milmor, Moloco, you name it deh. MamaBerry sih cocoknya sama Fenugreeknya Nature’s Way & Organic Mother’s Milk.. and belanja! 

The MamaBerry Way

MamaBerry sendiri pabriknya medium aja sih, gak yang melimpah banget, tapi cukup untuk Berry dan masih ada stok 1 freezer penuh. Bersyukur aja deh. MamaBerry selalu berusaha semaksimal mungkin menyusui langsung kalau lagi sama Berry, sebelum berangkat kantor, pulang kantor dan subuh2 kalau si Berry bangun. Untuk pumping, selagi di jalan berangkat/pulang pumping, selagi di kantor 2-3x pumping. Lumayan bisa BEP, sesuai dengan yang diminum Berry. Pas sampai rumah pumping dan sebelum tidur pumping, ini jatah untuk simpenan stoknya. Jangan lupa pumping kalau weekend, ini lumayan buat stok. Now, si Berry udah lulus S1, target berikutnya S2 nih. Doain yaa!

Last but not least, selalu inget, produksi ASI itu kuncinya tekad baja & much tembok, dukungan sekitar, hukum supply demand and just BE HAPPY.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s