Antibiotik dan Menyusui

22016-10-18 08.43.21 1.jpg

Apakah harus berhenti menyusui/membuang ASIP ketika sedang minum antibiotik? Berapa lama antibiotik/obat akan hilang dari dalam tubuh?

Ini sih pertanyaan-pertanyaan yang langsung bikin puyenk waktu MamaBerry harus diopname di rumah sakit. Gimana dong, si bocah masih kecil dan masih menyusui, gimana nasibnya. Lebih parahnya, waktu MamaBerry divonis harus opname di rumah sakit, si Berry masih baru banget transisi ke UHT. Takut banget dia nggak mau minum susu dan makannya gak bener, mana anaknya juga lagi sakit. Hadoh deh.

Ditengah kepanikan, MamaBerry nanya (beberapa) DSA, buibu-buibu yang udah lebih berpengalaman dan juga baca-baca sana sini. Soalnya bener-bener bingung, beda sumber ya beda juga penanganannya. Kalau tanya satu dokter/bidan dan lainnya juga dapet jawaban yang berbeda-beda.

Berapa lama sih jangka waktu obat/antibiotik beredar di dalam tubuh?

Nah ini juga bikin puyenk. Jawabannya ada yang bilang 4 jam, 6 jam, 12 jam, 24 jam, 48 jam. Capek deh. Ada DSA yang bilang selama bukan golongan antibiotik yang dilarang selama menyusui, gak masalah untuk lanjut menyusui atau disimpan ASIPnya. Ada DSA yang bilang hanya 1% yang masuk ke ASI kok. Mumet kan loohhh.

Jadi obat mana sih yang aman untuk selama menyusui?

Again, tiap sumber isinya beda-beda, tapi MamaBerry percaya yang berikut ini. Daftar obat-obatan yang aman untuk ibu menyusui berdasarkan Kemang Medical Care. Ini juga sesuai dengan berbagai sumber yang MamaBerry dapet.

1. Penurun Panas dan Analgesik (penghilang nyeri): Asetaminofen (parasetamol), ibuprofen, anestesi lokal.
2. Antibiotik: Gol penisilin (Amoxicilin, ampicillin) dan sefalosporin (Cefadroxil, ceftriaxone, cefotaxime).
3. Asma: Prednisolon, prednison, salbutamol, flutikason.
4. Rhinitis Alergi: Beclometason, fluticasone.
5. Diabetes Melitus: Indulin, glipizide.
6. Jantung: Thiazide, propanolol, metoprolol, labetolol.
7. Epilepsi: Phenytoin, carbamazepine.
8. Anti depresi: Sertraline.
9. Obat thyroid: Propythiouracil, Levothyroxine.
10. Kontrasepsi: Progestin (mini pil).

Selain itu, bisa baca di Baby Center juga, ini salah satu sumber yang MamaBerry percaya sejak si Berry masih dalam perut. Dia ada kategori obat jadi 4: safe, most likely safe, may be dangerous dan unsafe while breastfeeding. Monggo mampir ke websitenya dan dibaca sendiri.

Anyway, setelah cek sana sini MamaBerry akhirnya tetep mompa ASIP selama 3 hari di rumah sakit dan semuanya diberikan ke si Berry (walaupun produksi pabrik udah tiris). Pasukan support DaddyBerry, OmaBerry, OpaBerry dan Onty2Berry dengan sigap bolak-balik dari hospie ke rumah untuk mengantar ASIP ke si LilBerry (thank you!). Kebetulan memang sengaja milih rumah sakit yang deket rumah (walaupun mahal ye bow *curcol*) biar gampang kalau ada apa-apa. LilBerry untungnya gak alergi dengan ASIPnya.

Kalau dikasih obat, tanya Om Google dan orang-orang yang buibu percaya (yang lebih berpengalaman tentunya). Misalkan ragu, jangan takut untuk bertanya ke dokternya atau cari 2nd opinion. Jadi buibu yang kritis yaa.

Intinya sih.. walaupun katanya aman, tapi tetep aja ada risiko alergi. Hati-hati mengonsumsi obat, kalau anaknya disinyalir ada reaksi alergi segera STOP dan cek ke dokter ya. Jadi, sebisa mungkin carilah alternatif dan  jaga kesehatanlah. Tapi, kalau diperlukan ya minum deh itu obat, daripada sakitnya berkepanjangan atau malah makin parah.

IMPORTANT:

Always, always cek ke dokter masing-masing ya, karena kondisinya bisa berbeda tergantung jenis obat dan kondisi masing-masing orang. Ini berdasarkan pengalaman MamaBerry ajah, saya bukan dokter dan tidak punya medical degree apapun. CMIIW.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s